Running teks

Selamat Datang di Blog Pendidikan dan Informasi, Silahkan dibaca, atau download berbagai materi perkuliahan yang saudara butuhkan...

Kamis, 28 Oktober 2010

STAIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi Laksanakan Acara Pelatihan Jurnalistik


BUKITTINGGI – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi yang dipimpin oleh Dr. H. Ismalil Novel, M. Ag, kembali melaksanakan Pelatihan Jurnalistik bagi mahasiswanya. Acara tersebut dilaksanakan dari tanggal 28-30 Oktober 2010 di kampus II STAIN Bukittinggi. Pelatihan dengan tema, “Melalui pelatihan jurnalistik kita tumbuh kembangkan budaya menulis” ini bertujuan untuk memperkaya wawasan mahasiswa nya di bidang jurnalistik.

Acara dibuka Ketua STAIN Bukittinggi diwakili oleh Pembantu Ketua III Bidang Akademik Dr. Syaiful Amin, M. Ag. Di sela pembukaan dia mengatakan, Seseorang dikenal karena dua hal, yaitu karena kemampuannya berorasi di depan umum dan kemampuannya dalam menulis.

"Kemampuan berorasi dapat dilatih memalui pembiasaan dan menulis juga dilakukan melalui latihan-latihan. Disaat kedua kemampuan ini berimbang maka sesorang akan menjadi terkenal," ujarnya.

Peserta pelatihan terdiri dari 30 orang yang merupakan represestatif dari jurusan Tarbiyah meliputi prodi Pendidikan Agama Islam, pendidikan bahasa Inggris, pendidikan Matematika, pendidikan Bimbingan dan Konseling, pendidikan Tekonologi Informatika dan Komputer. Jurusan Syariah program studi Ahwalussyakshiyah (hukum perdata), Jinayah Siyasah (politik dan pidana Islam), muamalah (hukum ekonomi Islam) dan D.III Perbankkan Syariah.

Materi pelatihan diantaranya teknik menulis berita, meliput berita, feature, teknik menulis jurnal dan kolom, kode etik jurnalistik, perlindungan hukum dan kebebasan pers, serta teknik meresensi buku.

Narasumber berasal dari kalangan pers dan dosen diantaranya Dalmendra Dt Pamunjak (wartawan dan presenter Padang TV), Muhammda Subhan (Pimpinan Redaksi http://www.korandigital.com/), Musriadi Mursanif (wartawan Harian Singgalang), Nova Indra (PPWI kota Padang Panjang), Dr. H. Nunu Burhanuddin, Lc., M. Ag , dan Novi Hendri, M. Ag (Dosen STAIN Bukittinggi), serta Yon Efri, MH (Advocad dan Dosen Fakultas Hukum UMSB Bukittinggi).

Ketua pelaksana pelatihan Arifmiboy, S. Ag, M. Pd mengungkapkan bahwa “melalui pelatihan ini kami berharap dapat mengembangkan potensi mahasiswa terutama dalam hal menulis. "Karena STAIN Bukittinggi tidak hanya mempersiapkan lulusan yang handal /kompeten dengan ilmu-ilmu keagamaan dan teknologi, tetapi juga memiliki wawasan yang luas, salah satunya keterampilan dalam Jurnalistik”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar