Running teks

Selamat Datang di Blog Pendidikan dan Informasi, Silahkan dibaca, atau download berbagai materi perkuliahan yang saudara butuhkan...

Sabtu, 03 Oktober 2020

HAKEKAT PENGELOLAAN KELAS

 Ada beberapa pendapat tentang definisi pengelolaan kelas menurut para ahli, antara lain:

Arikunto (2002) mengatakan bahwa pengelolaan kelas adalah suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajara mengajar atau yang membantu dengan maksud agar dicapai kondisi optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar yang seperti diharapkan.
Menurut Wilford (James M. Cooper, 1995) pengelolaan kelas merupakan seperangkat perilaku ang kompleks dimana pembelajar menggunakan untuk menata dan memelihara kondisi kelas yang akan memampukkan para pebelajar mencapai tujuan pembelajaran secara efisien.
Sedangkan menurut Woolfolk (2004) tujuan utama dari pengelolaan kelas adalah untuk memelihara lingkungan pembelajaran yang positif dan produktif.
Ahmad (1995) menyatakan pengelolaan kelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi pebelajar untuk belajar dengan baik sesuai kemampuan.
Sedangkan menurut Pidarta (2000) “pengelolaan kelas adalah proses seleksi dan penggunaan alat-alat yang tepat terhadap problem dan situasi kelas.”
Sudirman (dalam Djamarah 2006) “Pengelolaaan kelas merupakan upaya dalam mendayagunakan potensi kelas.”
Weber (1979) mengklasifikasikan pemahaman pengelolaan kelas kedalam dua pengertian, yaitu pendekatan otoriter dan pendekatan permisif.Pendekatan otoriter pengelolaan kelas adalah kegiatan pembelajaran untuk mengkontrol tingkah laku pebelajara, pembelajar menciptakan dan memlihara aturan kelas melalui penerapan disiplin secara ketat.
Pendekatan permisif mengartikan pengelolaan kelas adalah upaya yang dilakukan oleh pembelajar untuk memberi kebebasan untuk pebelajar melakukan berbagai aktivitassesuai dengan yang mereka ingnkan.
Berdasarkan beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas (classroom management) adalah serangkaian tindakan yang dilakukan pembelajaran dalam upaya menciptakan kondisi lingkungan pembelajaran yang positif dan produktif agara proses belajara mengajar dapat berjalan sesuai dengan tujuannya.
Dilihat dari sudut pandang sarana, penulis menyimpulkan bahwa pengelolaan kelas merupakan upaya pembelajar untuk mengatur kegiatan proses belajar mngajar secara sistematis yang mengarah pada penyiapan saran dan alat peraga, pengaturan ruang belajar, mewujudkan situasi atau kondisi proses belajar mengajar berjalan dengan baik agar tujuan kurikuler dapat tercapai secara optimal baik secara individual maupun kelompok.
Bertolak dari definisi tersebut, pada hakekatnya pengelolaan kelas dilakukan untuk mendukung terjadinya proses pembelajaran yang lebih berkualitas. Berikut ini beberapa hakekat pengelolaan kelas:
1.    Pengelolaan kelas adalah serangkaian tindakan pembelajar yang ditujukan untuk mendorong munculnya tingkah laku yang tidak diharapkan, menciptakan hubungan interpersonal yang aik dan iklim sosio-emosional yang positif, serta menciptakan dan memelihara organisasi kelas yang produktif dan efektif.
2.     Tujuan pengelolaan kelas adalah menciptakan dan memelihara kondisi kelas yang memungkinkan berlangsungnya proses pembelajaran yang efektif.
3.  Pengelolaan kelas merupakan aspek penting dalam proses pembelajaran. Pengelolaan kelas yang efektif merupakan prasyarat bagi terciptanya proses pembelajaran yang efekif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar