Running teks

Selamat Datang di Blog Pendidikan dan Informasi, Silahkan dibaca, atau download berbagai materi perkuliahan yang saudara butuhkan...

Rabu, 17 November 2010

LESSON STUDY PENDEKATAN INTEGRATIF UNTUK MAHASISWA AKTIF


30 DOSEN STAIN WORKSHOP POLA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

BUKITTINGGI – Tidak semua dosen bisa mengaplikasikan metoda yang tepat untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam belajar. Kecendrungan dosen lebih aktif dalam proses belajar mengajar harus diminimalisir dengan pendekatan andragogi agar tujuan pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal. Jika keaktifan mahasiswa terlaksana optimal maka tidak ada lagi keluhan bahwa belajar terasa membosankan dan ketidakpahaman dalam penyerapan materi karena kurangnya distribusi oksigen keotak akibat kurang gerak fisik maupun stimulasi ide dan pikiran.

Berdasarkan latar belakang tersebut maka STAIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi kembali mengangkatkan pelatihan untuk dosen dengan tema Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Melalui Lesson Study yang dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu (19-20 Nov 2010) di Kampus II STAIN Bukittinggi. Lesson Study adalah suatu pendekatan yang baru dilouncing di UNP. Pendekatan baru ini merupakan suatu pendekatan yang mengintegrasikan seluruh pendekatan yang ada untuk menstimulasi mahasiswa agar lebih aktif dalam proses pembelajaran nantinya,” ujar Ketua Panitia Linda Yarni,S.Ag, M.Si didampingi Sekretaris Panitia Isnaniah,M.Pd.

Acara dimulai pukul 09.00 Wib dan dihadiri oleh narasumber yang telah berpengalaman di dunia pendidikan dan aktif sebagai dosen di Universitas Negeri Padang (UNP) , diantaranya Dr. Darmansyah, M.Pd, Prof. Dr. Jasrial, M.Pd, dan Dr. Rusdinal, M.Pd.

Materi pelatihan dipilih sedemikian rupa yang disesuaikan dengan tujuan pelatihan dilaksanakan, diantaranya Problem Based Instruction, Inquiry Learning, Cooperative Learning Tipe TAI dan Cooperative Learning Tipe Jigsaw.

Pelatihan ini dikuti oleh 30 orang dosen yang merupakan represestatif dari jurusan Tarbiyah meliputi Prodi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Tekonologi Informatika dan Komputer.

Acara dibuka oleh Ketua STAIN Bukittinggi diwakili oleh Pembantu Ketua I Bidang Akademik Dr. Ridha Ahida, M.Hum. Ketua pelaksana Linda Yarni S.Ag, M.Si mengungkapkan “Doa dan harapan kami semoga acara ini bisa berjalan dengan lancar dan bisa berkontribusi untuk peningkatan kopetensi dosen STAIN kedepan”. (Hayati Syafri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar