Running teks

Selamat Datang di Blog Pendidikan dan Informasi, Silahkan dibaca, atau download berbagai materi perkuliahan yang saudara butuhkan...

Kamis, 06 Oktober 2011

ABSTRAK

MERI NOFRIANTI, Bp.2107.033, Skripsi, “Kedisiplinan Siswa dalam Proses Pembelajaran di SDN 15 Pudung Kec. Ampek Nagari Kab. Agam”..Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN Bukittinggi, 2011.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab siswa kurang disiplin atau melanggar peraturan dan tata tertib sekolah selama proses pembelajaran berlangsung baik itu dalam hal menggunakan waktu, bertingkah laku dalam proses pembelajaran di sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yakni dengan mengembangkan dan menggambarkan atau menuliskan data secara sistematis,faktual dan akurat yang sesuai dengan fakta-fakta yang diperoleh di lapangan. Penelitian ini menggambarkan realitas yang kompleks mengenai kedisiplinan siswa dalam memanfaatkan waktu, dalam bertingkah laku dan dalam proses pembelajaran di kelas.Informan dalam penelitian ini adalah siswa ,guru dan kepala sekolah SDN 15 Pudung Kec. Ampek Nagari Kab. Agam tahun ajaran 2011-2012, yaitu untuk memperoleh data penulis menggunakan Angket bebas dan wawancara. Data  yang terkumpul kemudian di analisa dengan menggunakan teknik analisis deskriptif analisis, maksudnya data yang diperoleh tidak dituangkan dalam bilangan atau angka statistik melainkan dalam bentuk kualitatif.
Dari hasil penelitian dan analisa data diketahui bahwa penyebab siswa SDN 15 Pudung Kec. Ampek Nagari Kab. Agam, kurang disiplin dari segi waktu  kedatangannya ke sekolah adalah terlambat bangun pagi, jarak antara sekolah dengan rumahnya jauh, tidak tersedianya  transportasi yang cukup, dan membantu orang tua sebelum berangkat ke sekolah. Penyebab siswa kurang disiplin dari segi waktu masuk ke dalam kelas adalah siswa menonton TV sambil jajan di warung samping sekolah, bermain-main di perkarangan sekolah dan mengerjakan PR di luar kelas. Dari segi waktu keluar main yang belum pada waktunya adalah guru tidak ada di  kelas, sudah selesai belajar, dan sudah merasa lapar. Sementara penyebab siswa mempercepat waktu pulang adalah karena guru tidak ada di kelas, merasa sudah siap belajar, dan dikarenakan  kelas yang lain sudah ada yang pulang. Dari sisi kedisiplinan tingkah laku siswa kurang disiplin adalah karena pergaulan teman sebaya. Dan penyebab siswa kurang disiplin dalam belajar di kelas adalah karena tidak ada teman untuk menitipkan surat izin ke sekolah, dan karena malas mengirin surat izin ke sekolah. Berdasarkan temuan tersebut disimpulkan bahwa penyebab siswa SDN 15 Pudung  Kec. Ampek Nagari Kab. Agam kurang disiplin pada umumnya dipengaruhi oleh faktor eksternal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar