Running teks

Selamat Datang di Blog Pendidikan dan Informasi, Silahkan dibaca, atau download berbagai materi perkuliahan yang saudara butuhkan...

Kamis, 06 Oktober 2011

ABSTRAK

NURRAHMI DAULAY, Bp: 2107.165, Skripsi “Hasil Belajar Aqidah Akhlak Dengan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di Madrasah Diniyah Limo Jurai Sungai Pua”, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), STAIN Bukittinggi, 2011.

Penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Limo Jurai, adapun yang melatarbelakangi penulis membahas judul ini, bahwa berdasarkan observasi awal di Madrasah Diniyah Limo Jurai penulis melihat masih banyak  siswa yang mendapatkan nilai yang rendah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penulis tertarik untuk mengadakan sebuah eksperimen dengan menerapkan strategi CTL pada mata pelajaran Aqidah Akhlak.
CTL merupakan konsep pembelajaran yang mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata yang berkembang dan terjadi di lingkungan sekitar peserta didik sehingga dia mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi hasil belajar dengan kehidupan sehari-hari mereka. Dalam pembelajaran CTL tugas guru adalah menciptakan lingkungan belajar yang alamiah, menyenangkan, tidak membosankan dan memberikan kemudahan bagi siswa dalam belajar.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, peneliti melakukan treatment terhadap kelompok eksperimen. Dengan desain penelitian Pretest – Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini penulis membutuhkan dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen sebanyak 18 orang yang diberikan perlakuan dan kelas kontrol sebanyak 20 orang yang tidak dikenakan perlakuan. Teknik sampel yang penulis gunakan adalah purposive sampling. Sedangkan alat pengumpul data yang digunakan adalah tes yang berbentuk objektif.
Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen sebesar 87,2 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 78,5. Dari hasil uji ststistik diperoleh t hitung sebesar 2,68 dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh t tabel sebesar 2,021. Jadi t hitung lebih besar dari t tabel, sehingga Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar Aqidah Akhlak siswa yang menggunakan strategi CTL.
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi : “Terdapat perbedaan hasil belajar Aqidah Akhlak siswa dengan menggunakan strategi CTL dengan yang tidak menggunakan strategi CTL diterima, dan hipotesis nihil yang berbunyi : “Tidak terdapat perbedaan hasil belajar Aqidah Akhlak siswa dengan yang menggunakan strategi CTL dengan yang tidak menggunakan strategi CTL ditolak, yang berarti dengan penerapan strategi CTL dapat mempengaruhi hasil belajar Aqidah Akhlak. Berdasarkan uji hipotesis pihak kanan didapatkan hasil t hitung 2,68 dan t tabel pada taraf signifikan 0,05 didapat t tabel 1,684. Dengan demikian t hitung > dari t tabel, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan strategi pembelajaran CTL lebih baik dari pada strategi pembelajaran konvensional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar