Running teks

Selamat Datang di Blog Pendidikan dan Informasi, Silahkan dibaca, atau download berbagai materi perkuliahan yang saudara butuhkan...

Minggu, 29 Agustus 2010

PENGARUH UMPAN BALIK PENGAJARAN SKI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA MTSN PITALAH

ABSTRAK

ZULVIA RAHMI, BP.2106.042, judul skripsi “Pengaruh Umpan Balik Pengajaran SKI Terhadap Aktivitas Belajar Siswa MTsN Pitalah”, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi, 2010.

Penelitian yang dilakukan di MTsN Pitalah ini dilatarbelakangi oleh observasi awal terhadap pemberian umpan balik pengajaran SKI dan aktivitas belajar siswa. Penulis melihat guru SKI memberikan umpan balik dengan baik yang seharusnya dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk memperbaiki cara belajarnya, namun kenyataannya aktivitas belajar siswa masih bervariasi, ada yang lebih giat belajar setelah menerima umpan balik tersebut, dan ada yang tidak. Berdasarkan permasalahan tersebut, timbullah suatu pertanyaan apakah umpan balik pengajaran SKI memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa atau tidak.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dalam bentuk penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Dari jumlah populasi sebanyak 204 orang, sampel yang diambil berjumlah 52 orang. Dalam pengambilan sampel ini penulis menggunakan teknik stratified random sampling, karena jumlah populasi lebih dari 100 orang maka penulis mengambil 25% nya sebagai sampel. Data diperoleh melalui penyebaran angket, kemudian diolah dengan menggunakan rumus korelasi product moment, setelah itu dilakukan interpretasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh umpan balik pengajaran SKI terhadap aktivitas belajar siswa adalah cukup berarti, karena indeks korelasi yang diperoleh sebesar rxy = 0,61 berkisar antara 0,40-0,70. Bentuk korelasinya positif dengan derajat hubungan atau koefisien determinasi 0,61² x 100%= 37,21% ini berarti bahwa pengaruh umpan balik pengajaran SKI terhadap aktivitas belajar siswa hanya 37,21% sedangkan sisanya 62,79% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil tersebut penulis konsultasikan dengan tabel nilai “r” product moment dengan df = 50 pada taraf signifikansi 1% diperoleh rt 0,361 dan berdasarkan kaidah pengujian kebenaran atau kepalsuan hipotesis dengan membandingkan rxy dengan rt. Apabila rxy ≥ rt maka hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak. Dengan demikian hasil temuan diperoleh rxy > rt (0,61 > 0,361) maka pada taraf signifikansi 1% hipotesis nol ditolak sedangkan hipotesis alternatif diterima, berarti pada taraf signifikansi 1% memang terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel X dan Y.
Dari hasil penelitian yang diperoleh, telah melahirkan suatu pemahaman baru bahwa pemberian umpan balik pengajaran memberikan pengaruh positif yang cukup berarti terhadap aktivitas belajar siswa.

1 komentar:

  1. The 12 BEST Casinos in New Jersey in 2021 - MapYRO
    Best Casinos in New Jersey · 순천 출장샵 1. Tropicana Atlantic City, NJ, United States · 2. Microgaming Atlantic City, 하남 출장마사지 NJ · 3. Royal 고양 출장마사지 Ace Hotel Casino 계룡 출장안마 and Spa 파주 출장샵 Atlantic

    BalasHapus